Atang, namanya mirip-mirip urang sunda (ursun) asli, tapi ada Trisnanto-nya, jadi jelas dia bukan urang dayeuh (Priangan) atau hilir (Purwasuka/Pakuan). Yang jelas, dia berkhidmat untuk kota Bogor. Menyandang Ketua DPRD Bogor.

Semenjak mahasiswa, kawan saya ini memang terbilang berani, sederhana dan senang membela mereka yang terpinggirkan.  Saya mengenalnya di jaringan kerohanian Islam (rohis) kampus. Bersama dengan Farid Muliana (kini menjadi aktivis & pengusaha di Palembang), Irfan Syauqi Beikh (kini menjadi dosen dan pakar Ekonomi Islam dan Ziswaf internasional) dan banyak teman-teman lainnya.

Atang diganjar penghargaan Tokoh Alumni Politisi Berprestasi

Atang diganjar penghargaan Tokoh Alumni Politisi Berprestasi

Kekuatan otot berbaginya juga luar biasa, sehingga menjadikan beliau rajin sekali bersilaturahmi turun ke lekuk-pojok dan titik-titik kumuh kota Bogor yang jarang diexpose oleh media. Atang tahu hal ini, badan gempalnya tidak menghalanginya untuk peduli.

Tak heran semenjak belia di tahun 99-an dia diberi amanah memimpin Ketua BEM IPB setelah berhasil memimpin Fakultas Kehutanan (BEM E) sebelumnya. Menggantikan Aly Yusuf, Presiden BEM Pertama pasca era Senat Mahasiswa (yg dipimpin memimpin konfederasi 3 orang), Atang fokus di organisasi pergerakan mahasiswa intra kampus, extra kampus seperti KAMMI lalu ke Partai Keadilan (PK), kini PKS.

Di milis Alumni-IPB yang dulu dihuni oleh alumni-alumni penggemar dry humor seperti Hirmen C30, Rusdian Lubis (Penulis Buku Baranangsiang), Iman Hilman (yang nantinya menjadi Ketua DKM Masjid Alumni), Atang membela seniornya Suswono. Sebelumnya PKS di era SBY fase pertama dipimpin oleh Anton Apriyantono, mentor kehidupan dan sekaligus teman naik gunung saya di komunitas Lentera Baraya.

Teman-teman IPB97 mengapit Atang, wajah kebanggan dari teman seangkatan

Teman-teman IPB97 mengapit Atang, wajah kebanggan dari teman seangkatan

Cara dia berdiskusi sudah matang, jauh dari membanggakan diri atau mengejek kelompok berbeda kubu. Dia santuy, bernas tetapi jelas di gerbong mana. Saya membatin saat ini, ini anak hebat!

Congrast buat Pak Ketua Dewan Atang Trisnanto, kita butuh politisi-politisi berkarakter kuat, semoga semakin sukses ke depannya.