Salah satu layanan bisnis yang saya kembangkan saat ini adalah mengaktivasi tip support bisnis utama yaitu tim developer website untuk dijual dan ditawarkan ke jejaring. Tiga tahun saya bangun tim ini, yang awalnya hanya pertemanan sesama penghobby naik gunung.

Alhamdulillah beberapa kepercayaan di dapat untuk mengelola situs web organisasi, bisnis maupun personal. Karena dikerjakan riang gembira, sambil lalu dan tidak mengganggu bisnis ini, layanan yang tidak semua orang mampu ini, kini mulai berani saya tawarkan ke lebih banyak lagi lingkaran perkenalan.

Layanan ChatGPT

GENERATIVE AI TEXT

Terbiasa dibantu mesin kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam membuat artikel, saya cukup mengenal bagaimana layanan gratisan GhatGPT 3.5 (Open AI) atau Bard (Google) membantu meringankan pekerjaan tersebut. Kalimat-kalimat khas “robot” yang kaku dan rutin tampak nyata dalam layanan gratisan, tetapi tampak signifikan berubah di layanan berbayar ChatGPT 4 / Pro.

Walau dibantu mesin, saya tetap harus membacanya utuh setiap postingan yang keluar, walau tentunya tidak dengan pilihan kata (diksi) dan gaya bahasa utuh saya. Hemat waktu, cepat, maksud artikel tersampaikan dan jika customer menginginkan lebih pada sentuhan kalimat-kalimat yang “human touch”, maka tentu mereka musti membayar lebih mahal.

Perbedaan nyata antara yang gratisan dan berbayar di ChatGPT bisa dibandingkan misalnya ketika saya menulis artikel yang terinspirasi dari cuitan Pak Dedy Ong,

 

ilustrasi generatif gambar oleh kecerdasan buatan 

AI IMAGE GENERATOR

Dalam artikel-artikel yang saya hasilkan tersebut, sering saya cantumkan foto dan gambar pendukung untuk memudahkan maksud artikel tersampaikan. Saya masih menggunakan layanan gratisan dari Freepik, Pixabay dll untuk melengkapinya.

Nah, jika pelanggan membeli layanan Chat GPT 4 / Pro sudah mendapatkan layanan AI Image Generator DALLE-3 dalam paket langganan berbayarnya. Sehingga ilustrasi artikel dapat dilengkapi dengan gambar-gambar hasil kreasi kecerdasan buatan tersebut.

DULU KEYWORDS SEKARANG PROMPT

Asalkan kita tahu key word (kata kunci) maka kita berselancar dengan mudah di internet via  peramban atau mesin pencari, begitu pula saat ini. Tujuan akan mudah didapat dibantu mesin kecerdasan buatan bila kita mengetahui dengan baik Prompt-nya.

Perbedaan Prompt akan menghasilkan karya berbeda pula, misalnya saya membeli layanan berbayar AI Image generator GenCraft. Berikut contoh-contoh perbedaan prompt yang saya gunakan berikut hasilnya.

Prompt Image Result
In A spacious office area, three Indonesian businesswomen are brainstorming together.
In A spacious office area, three Indonesian businesswomen are brainstorming together. (pilihan Style: Cartoon)
In A spacious office area, three Indonesian businesswomen are brainstorming together.

The woman with tan skin wears a red form-fitting office suit with a miniskirt.

The medium brown-skinned woman is dressed in a teal suit with a stylish miniskirt.

The lighter-skinned woman completes the trio in a yellow suit and a modish miniskirt.

(Pilihan Style: Realistic)

pun masih terkadang ditemukan kekeliruan-kekeliruan produk Ai ini misalnya muncul kelebihan anggota tubuh, 3 tangan misalnya, atau mata yg tampak “tabrakan”. Misalnya dalam foto perempuan di atas, kakinya tampak kurang sempurna menekuk aneh.