Seorang kawan di asosiasi pengusaha memposting sebuah tulisan unik:

Siap-siap Kecewa, AVENGERS PEMUTARANNYA DIUNDUR!!

Penggemar film Avengers yang sudah menanti-nanti akhir kisah epik perjuangan Avengers melawan Thanos, siap-siap kecewa. Sebab, pemutarannya di Indonesia yang dijadwalkan April 2019 sepertinya akan diundur. Sampai kapan, belum bisa dipastikan.

Penyebabnya ternyata dari judul film tersebut. Sebagaimana yang sudah beredar trailernya, Avengers akan menggunakan judul Avengers: End Game. Rupanya, judul End Game ini dianggap berpotensi jadi kampanye salah satu peserta pilpres. Judul End Game—atau terjemahan bebasnya akhir permainan—dianggap bisa mengganggu kampanye salah satu calon.

Distributor film rupanya segera bertindak cepat. Menanggapi keluhan judul itu, mereka berdiskusi dengan pihak perfilman Hollywood. Akhirnya, disepakati judul baru yang menyambung kisah pertamanya, Infinity War, sehingga judulnya akan menjadi Avengers: Infinity War 2. Rupanya, ini pun tidak bisa diterima dan diminta menjadi Avengers: Infinity War 1+1. Tentu saja, pihak Hollywood tidak bisa menerima judul tersebut karena dianggap kurang pas dan tidak lazim.

Negosiasi berjalan alot. Beberapa judul pun akhirnya dimunculkan. Mulai dari Non Avengers: End Game, Avengers: Not End Game, hingga Avengers Perjuangan. Namun, belum satu pun judul itu disepakati untuk pemutaran film yang sudah dinanti jutaan penggemarnya di Indonesia ini. Akibatnya, status quo. Pihak distributor diharuskan menahan pemutaran film ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sumber terpercaya mengatakan, film ini kemungkinan baru bisa diputar setelah Pemilu April nanti. Jadi, bagi yang penasaran dan tak ingin kecewa, distributor meminta mereka untuk nonton ke negara tetangga.

Editor: Agoeng
Penulis: Wid
Kantor Berita: BBL (Berita Bohong Lucu)

Beliau adalah pengusaha dan sekaligus penulis content beberapa media berbayar. Tulisan tersebut saya unggah di facebook dan berkali-kali disebarkan orang karena mungkin dianggap menghibur.

Ada cerita lucu lagi terkait film ini, yaitu Spoiler Allert, alias peringatan tulisan atau informasi detail, plot yang dibuka dalam beragam media sosial. Para penyuka film yang menikmati detil cerita dan ketegangan alur sebuah film akan sangat marah ketika bagian-bagian tsb diungkap oleh seseorang dan secara sengaja atau tak sengaja terbaca. Bagi mereka ini adalah kecurangan dan ketidaksopanan yang tidak bisa ditolelir. Untuk itu baiknya kita bisa menjaga diri untuk tidak mudah bercerita soal ini, apalagi untuk beberapa judul film berbiaya besar seperti Avengers ini, bukan hanya itu, sequel ini adalah bagian terpenting dari serial komik superhero besutan Marvel ini.

Buat saya pribadi, menonton adalah cara menikmati budaya pop di tengah kejenuhan beraktivitas. Film, terutama yang disiapkan dengan baik oleh industrialis hiburan Hollywood memberikan banyak insight dan inspirasi terhadap apa yang terjadi di dunia ini. Plot cerita buat saya terkadang tidak penting, karena kecanggihan teknologi dan kejernihan para aktor memainkan peran jauh lebih menarik saya apresiasi.

Film bermutu seperti Avengers adalah buah karya budaya yang dihasilkan para ilustrator dan komikus yang tekun di Amerika. Amerika hanya bisa ditandingi Jepang dengan Manga-nya, sementara di Indonesia para pegiat komik nasional masih bersusah-payah mendapatkan apresiasi karya-karya mereka di dalam negeri. Semangat!