Small Office Home Office

/, skillset/Small Office Home Office

Small Office Home Office

Sebagai profesional yang menyukai teknologi digital dan media sosial, saya mengawali menjadi blogger di tahun 2002. Posting pertama saya di blog gratisan saya mulai dengan “menyimpan” postingan-postingan bermanfaat yang saya kira cukup bermanfaat untuk menambah wawasan dan pemahaman kehidupan.

Sementara 5 tahun terakhir sebagai pekerja, saya terbiasa menggunakan whatsapp call, whatsapp video call, kadang menggunakan Skype walau akhirnya jarang dipakai karena kurang praktis. Dengan menambah speaker phone yang ada mic-nya kita bahkan lebih mudah mengajak kolega kantor untuk ikut rapat bersama walau hanya via suara saja.

Saat mengelola organisasi kealumnian dipercaya sebagai ketua bidang informasi dan sekjen, saya terbiasa menggunakan cloud dan dokumen digital di server internet. Sehingga memudahkan untuk kolaborasi mengerjakan bersama dan pada saat yang sama hasil dokumen dapat dilihat up to date oleh target audiense / viewers kita.

Artinya, saya terbiasa menggunakan kegiatan perkantoran secara digital baik text dan audio secara kolaboratif. Kegiatan ini nantinya bermanfaat menunjang cara kerja saya yang cepat, adaptif dan mudah diakses oleh tim kerja yang saya bentuk, baik dalam organisasi nir laba ataupun bisnis yang saya kelola.

Itulah mengapa saya bisa mengelola (saat tulisan ini dibuat) 3 perusahaan berbeda, beberapa organisasi bisnis/kepemudaan/keummatan sambil juga berkomunikasi baik dengan keluarga inti dan kerabat jauh. Selain kemampuan sendiri, skill set ini pun saya tularkan pada tim yang ada agar pekerjaan-pekerjaan dan tugas-tugas bisa selesai dengan cepat dan tepat.

Bahkan waktu sebelum kantor virtual dan working space belum banyak digunakan seperti sekarang, saya menghandle organisasi yang tidak punya kantor dedicated karena dokumen-dokumen yang kami akses ada semua di cloud. Kita hanya butuh akses internet untuk akses dokumen serta diskusi-diskusi di mailing list (saat itu), chat apps seperti blackberry messenger dan whatsapp.

Keunggulan cloud ini selain juga bermanfaat untuk kolaborasi, juga sangat vital jika terjadi pergantian tim, karena record dokumen dapat diakses dengan cepat walaupun salah satu tim creator-nya keluar dari tim. Bayangkan ada 1-2 dokumen spreadsheet berisi data-data penting, yang dibuat seseorang dan tiba-tiba orangnya pergi. Kalau ia buat di PC/Laptop pribadinya, maka kita sulit untuk meminta data ketika orang itu sulit dihubungi.

Kemampuan teknis begini jika dibarengi dengan pemahaman teori seperti saya yang sekolah belajar ilmu sistem informasi akan membawa dampak signifikan pada kemajuan pengelolaan organisasi dan bisnis. Tiga perusahaan saya sekarang dan organisasi-organisasi yang saya tekuni jauh lebih cepat perkembangannya hanya karena saya terbiasa bekerja remote, work from home dan mobile.

Istilah small office home office – SOHO itu benar-benar saya gunakan di bisnis pertama saya karena alamat kantor benar-benar alamat rumah, disesuaikan dengan regulasi IMB (izin mendirikan bangunan) yang mensyaratkan saya ada ruangan khusus untuk kantor. Kreativitas kita sebagai pengusaha pemula sangat bermanfaat sehingga pencapaian-pencapaian kelembagaan bisnis bisa cepat dieksekusi dan ujung-ujungnya kita siap masuk ke market dan menjadi pemain sebenarnya.

By |2020-09-19T08:40:52+00:008 August 2020|entrepreneurial, skillset|0 Comments

About the Author:

Muhammad Sirod inisiator blog ini dan merepresentasikan keseluruhan konten blog, pengusaha, organisatoris, suami dan ayah dari 3 orang anak.

Leave A Comment